Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Pengaturan Youtube Untuk Anak, Penting Bagi Orang Tua!

2 min read

youtube-untuk-anak

Artikel ini memberikan tutorial untuk membuat pengaturan youtube untuk anak. Supaya terhindar dari konten yang tidak selayaknya ditonton oleh anak di bawah umur.

Dimana saja, sekarang gadget sudah menjadi barang yang tidak bisa terhindarkan dari aktifitas sehari-hari. Bukan hanya orang dewasa dan orang tua, bahkan anak kecilpun sekarang sudah ramah dan tidak aneh menggunakan gadget.

Sejak adanya internet dan teknologi, disertai perkembangannya yang begitu cepat, ternyata berpengaruh juga ke bagaimana kita mendapatkan hiburan.

Salah satunya adalah Youtube. Sosial media yang mempunyai banyak sekali kumpulan video dari berbagai genre sangat dengan mudah kita temui. Tidak hanya orang tua yang sering mengakses Youtube, anak kecilpun bisa.

Bahkan mungkin sudah bukan hal yang aneh lagi bila kita melihat anak di bawah umur atau bahkan anak kecil sudah bisa membuka HP, membuka youtube dan memilih konten yang menurut mereka menarik.

Nah, disini peran orang tua dan orang dewasa tentunya sangat dibutuhkan untuk mendampingi mereka, memberi pengawasan dan pengarahan, serta terjun langsung untuk membatasi konten youtube untuk anak.

Bayangkan apabila kita sebagai orang yang lebih dewasa sampai keluputan tidak mengontrol konten youtube untuk anak. Apa dampaknya?


Dampak Youtube Untuk Anak

Dampak youtube untuk anak apabila tidak terkontrol dan sembarangan mengakses konten adalah :

  1. Membuat kecanduan. Konten video di Youtube sangatlah banyak, dan mempunyai durasi yang berbeda. Tanpa pengawasan dan pembatasan, mereka bisa saja kecanduan untuk terus menonton.
  2. Anak-anak lebih memilih smartphone. Bukan hanya dampak dari Youtube saja, melainkan dampak dari terlalu sering menggunakan smartphone, anak lebih memilih lebih tergantung dengan smartphone daripada bertatap muka dengan orang lain.
  3. Melihat konten yang bukan untuk umurnya. Hal ini sering terjadi dan bahkan masuk akal untuk ditemui, karena youtube menyediakan banyak konten yang bisa dilihat. Maka dari itu, perlu kita sebagai orang tua untuk membuat batasan youtube untuk anak.
  4. Boros kuota internet. Hal ini pasti terjadi, karena youtube menyedot banyak kuota.

Masih banyak dampak yang bisa dirasakan oleh penggunaan youtube yang tidak dibatasi. Nah, tentunya bagi orang tua zaman sekarang beberapa dari mereka mengizinkan anak kecilnya mengakses youtube. Sebelum itu, gunakan cara berikut untuk memberikan batasan pada akses konten youtube untuk anak. Dan jangan lupa, tetap dampingi mereka.


Pengaturan Batasan Youtube Untuk Anak

Karena youtube bisa diakses baik di smartphone atau web, berikut kami berikan tutorial lengkapnya.

Youtube di SmartPhone

Langkah untuk mengakses dan membatasi youtube yang ada di smartphone adalah :

  1. Buka aplikasi Youtube.
  2. Masuk ke Settings.
  3. Pilih General.
  4. Aktifkan Restricted Mode.

Youtube di Web Browser

Kamu juga bisa mengakses youtube di web browser seperti chrome, mozilla, opera dan lainnya. Berikut adalah langkahnya :

  1. Buka https://www.youtube.com/
  2. Klik pada icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Pilih Restricted Mode.
  4. Aktifkan Restricted Mode.

Fungsi Restricted Mode di Youtube

Dari langkah diatas, kita memang diharuskan untuk mengaktifkan restricted mode pada youtube. Apa saja fungsinya?

Restricted Mode adalah pengaturan opsional yang telah tersedia sejak tahun 2010 dan digunakan pengguna untuk membatasi menonton konten di Youtube. Fungsi lain dari restricted mode adalah :

  1. Mengatur penayangan konten. Meskipun tidak 100% akurat, tapi restricted mode bisa membantu menyembunyikan konten dewasa dan tidak layak bagi anak.
  2. Menyembunyikan Komentar. Jika restricted mode aktif, maka setiap komentar yang ada di video tidak bisa dilihat.
  3. Menonton sesuai batasan usia. Cara kerja dari restricted mode di youtube salah satunya adalah filter batasan usia. Jadi, video yang tayang adalah yang sesuai dengan batasan usia yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Youtube, jika digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak dan siapapun akan sangat berguna dan memudahkan. Misalnya, ketika anak-anak kesulitan mengerjakan tugas, mereka bisa mengakses youtube untuk mencari penjelasan dan jawaban mereka. Dan masih banyak lainnya. Dan yang tidak boleh diremehkan adalah pendampingan, pengawasan dan keberadaan orang tua atau orang dewasa untuk mengawasi penggunaan youtube untuk anak.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *