Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Kumpulan URL Shortener Google Terbaik dan Gratis

2 min read

url shortener

Artikel ini menjelaskan tentang apa itu URL Shortener, apa saja URL Shortener Google dan lainnya yang bisa digunakan gratis.

URL Shortner sebenarnya sudah awam kita lihat dimana-mana. Namun, tidak jarang masih banyak orang yang belum mengetahui layanan seperti apa URL Shortener itu, dimana mendapatkannya, dan bagaimana cara membuatnya? Jika di bahasa Indonesia-kan, URL Shortener sama saja seperti pemendek URL.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lengkap mulai dari pengertian URL Shortener, URL shortener google, hingga URL Shortener gratis dan terbaik untuk digunakan.


Pengertian URL Shortener

URL (Uniform Resource Locator ) adalah sebuah format karakter yang digunakan untuk menunjukkan atau mengarahkan pada alamat website atau tautan tertentu.

Misalnya, kamu ingin membuka halaman facebook, maka kamu akan mengetikkan “https://www.facebook.com/” nah, itulah yang disebut URL. Bisa dibilang, URL adalah teks yang bisa digunakan untuk mengakses alamat web, gambar, video, halaman hypertext, dan lainnya.

Nah, lalu apa itu URL Shortener atau pemendek URL? URL Shortener adalah layanan untuk mempercantik tampilan website, dengan cara menjadikan alamat URL yang sangat panjang menjadi pendek dan ramah untuk dibaca, maupun ditempelkan di kolom website / URL.


Kegunaan URL Shortener

URL Shortener sangat berguna bagi blogger atau webmaster. Layanan ini bisa memudahkan untuk sharing atau membagikan URL yang terlalu panjang, sehingga bisa dirubah dalam format yang pendek dan eye-catching.

Hasil dari URL Shortener tetap berupa link, namun dengan tampilan yang lebih ringkas dan enak dibaca. Jika di klik, akan langsung menuju ke halaman target yang sama seperti sebelum di shortening.

Kamu juga bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan tracking berapa jumlah pengunjung yang telah melakukan click pada url tersebut.

Semua layanan URL Shortener memberikan fitur untuk melihat statistik jumlah click dari URL tersebut.

Berikut adalah alasan kenapa kamu harus menggunakan URL Shortener :

  1. Kemudahaan Untuk Sharing. Link yang pendek akan memudahkan siapapun dalam membagikannya ke orang lain. Terutama bagi yang ingin meletakkan hasil dari URL Shortening di bio atau chat, tentunya akan lebih eye-catching.
  2. Tracking. Layanan URL Shortener juga memberikan layanan untuk melihat statistik jumlah click.
  3. Terintegrasi dengan Beberapa Sosial Media. Sosial media seperti Digg dan Twitter menggunakan layanan URL Shortener untuk meringkas url mereka secara otomatis.

Nah, layanan URL Shortener ini banyak sekali ditemui di internet, bahkan Google pun mempunyai sendiri. Namanya adalah URL Shortener Google. Tapi, selain itu masih banyak url shortener yang bisa digunakan secara gratis, dan bisa dicustom sesuai keingin.

Mari kita bahas satu persatu.


URL Shortener Google

Google menyediakan layanan url shortener yang dikenal dengan goo.gl. Diluncurkan pada tahun 2009 dengan tujuan digunakan untuk Google toolbar dan Feedburner.

Selanjutnya, Google meluncurkan website khusus untuk goo.gl dan mulai bisa diakses untuk public sejak tahun 2010. Namun, terhitung sejak 13 April 2018, goo.gl sudah tidak lagi bisa digunakan.

Siapapun yang sebelumnya belum pernah menggunakan layanan goo.gl untuk url shortener mereka, meskipun sudah sign in dengan akun gmail mereka, tetap tidak bisa digunakan.

Tapi tenang, bagi kalian yang ingin menggunakan layanan URL shortener lain, berikut kami berikan referensinya :

Bit.ly

Bitly menawarkan layanan untuk URL Shortener dalam versi gratis (free) dan enterprise. Untuk versi berbayar, kamu akan dikenai biaya $995/ bulan. Tidak perlu melakukan registrasi untuk menggunakan layanan ini. Kamu hanya perlu copy dan paste URL yang akan kamu gunakan.

Namun, kelebihannya jika kamu melakukan Sign Up terlebih dulu adalah, kamu bisa mengedit link. Contohnya, kamu bisa mengedit dari https://bit.ly/2Zgo3a menjadi https://bit.ly/Teks, artinya, kamu bisa menggunakan keywords yang kamu atur sendiri.

Setelah membuat link dari Bitly, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Analytic untuk melihat jumlah tiap click.

Ow.ly

Owly adalah layanan URL Shortener milik HootSuite yang juga memiliki fitur untuk analytics dari link performance.


TinyURL


Layanan URL Shortener ini mungkin terkesan minimalis, tapi fungsinya tidak boleh diremehkan. TinyURL adalah URL Shortener yang populer banyak digunakan oleh setiap orang dari penjuru dunia.

Kamu bisa menggunakan URL Shortener di TinyURL tanpa signup, tanpa registrasi, dan lainnya. Tinggal copy paste link yang akan kamu singkat. TinyURL juga gratis untuk digunakan.

Kamu juga bisa menggunakan keywordsmu sendiri untuk membuat link. Sayangnya, TinyURL tidak memiliki fitur untuk analytics.

Rebrandly

Rebrandly adalah URL Shortener yang bisa kamu gunakan untuk membuat link sesuai keywords yang akan kamu gunakan. Untuk membuat link dari Rebrandly, kamu harus melakukan Sign Up terlebih dulu.


Tambahan

Masih banyak lagi URL Shortener yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah :

  • yfrog.com
  • migre.me
  • tiny.cc
  • twit.ac
  • url4.eu
  • wp.me
  • rubyurl.com
  • linkbee.com
  • snurl.com
  • EasyURI.com

Dan masih banyak lagi lainnya

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *