Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Reset HP Samsung yang Aman Tanpa Kehilangan Data

2 min read

reset data android

Artikel ini memberikan tutorial cara reset HP Samsung dengan aman. Tanpa khawatir kehilangan data, lengkap dengan cara backup.

Siapapun yang memiliki HP dengan merk dan OS apapun pasti pernah melakukan reset (factory reset). Terlebih bagi pengguna Samsung, kamu bisa melakukan reset HP tanpa harus khawatir kehilangan data.

Apa sih alasan kamu melakukan reset HP ? Tentunya sangat beragam. Mulai dari aplikasi di HP kamu yang sering crash atau nge lag, atau bisa jadi kamu ingin reset HP karena ingin menjualnya lagi supaya tampak seperti HP baru.

Factory Reset artinya mengembalikan HP kamu kembali seperti keadaan semula (default), semua aplikasi dan pengaturan yang pernah kamu pakai tentunya akan hilang. Maka dari itu, jika kamu sudah memastikan ingin melakukan reset HP, kamu harus backup data kamu terlebih dulu.

Factory reset tidak bisa ditunda jika sudah berjalan, dan tidak bisa dikembalikan lagi jika sudah selesai. Namun, terlalu sering melakukan factory reset juga tidak baik bagi software dan perangkat HP kamu.

Di artikel kali ini, kami akan memberikan referensi untuk reset HP Samsung yang bisa diaplikasikan ke semua jenis HP Samsung. Namun, pastikan kamu sudah melalukan urutan langkah berikut sebelum reset HP.


Backup Data Android Kamu

Sekali lagi, jika kamu sudah melakukan factory reset, artiya kamu akan kehilangan keseluruhan data yang ada di Android kamu. Pastikan kamu sudah melakukan backup data Android dengan salah satunya menggunakan cara berikut :

Aktifkan Google Backup dengan Google Drive

Untuk backup data android bagi pengguna HP Samsung semua tipe, kamu bisa melakukan backup tanpa menggunakan aplikasi apapun. Produsen HP Samsung sudah menyediakan layanan untuk backup dengan Google Backup.

Cara untuk menggunakan Google Backup :

  1. Buka Pengaturan Setting.
  2. Pilih Cloud & Accounts.
  3. Pilih Backup & Restore.
  4. Pilih Google Account.

Setelah itu akan muncul halaman berikut. Langkah selanjutnnya adalah, pastikan kamu mengaktifkan toggle Backup to Google Drive, dan klik pada Backup Now.

Secara otomatis, data android kamu akan terbackup di email yang kamu gunakan di HP Samsung kamu, pastikan kamu menggunakan email aktif.


Factory Reset HP Samsung

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk reset HP Samsung. Salah satunya yang bisa kamu pilih adalah dengan cara berikut :

Factory Reset HP Samsung dengan Pengaturan Android

Tidak perlu menginstal aplikasi lagi, karena untuk melakukan factory reset bisa dengan mudah kamu buka pengaturan yang ada di HP Samsung kamu. Ikuti panduan berikut :

  1. Buka menu Pengaturan / Setting.
  2. Selanjutnya, cari atau temukan menu Backup and Reset.
  3. Scroll ke bawah dan temukan pilihan Factory Data Reset.
  4. Pilih Reset Device.
  5. Tunggu hingga proses factory reset selesai.

Durasi lamanya waktu reset akan tergantung pada banyaknya data yang ada di internal device HP kamu. Setelah setelah, HP kamu akan otomatis hidup kembali dalam keadaan seperti baru.

Factory Reset HP Samsung dengan Mode Recovery

Untuk beberapa kasus, HP Samsung kamu bisa saja rusak sehingga tidak bisa sama sekali hidup alias mati total. Nah, untuk keadaan seperti ini, kamu masih tetap bisa melalukan factory reset.

Cara yang digunakan adalah melalui mode recovery. Recovery mode ini bisa diaplikasikan untuk melakukan reset HP Samsung J5, Samsung J1 atau Samsung J2 Prime.

Cara masuk ke Mode Recovery :

  1. Pastikan baterai HP kamu sudah penuh, atau minimal diatas 70%.
  2. Tekan tombol berikut secara bersamaan : Volume Up + Home + Power.
  3. Tahan selama kurang lebih 5detik.
  4. Jika sudah tampil menu Android System Recovery, kamu bisa melepas kombinasi tombol tersebut.
  5. Untuk memilih menu, gunakan tombol Volume Up.
  6. Pilih Menu Wipe data/Factory reset dengan menekan tombol Power.
  7. Pilih pada menu Reboot System Now dengan menekan tombol Power.
  8. Tunggu hingga proses factory reset selesai. HP kamu akan otomatis hidup kembali jika proses sudah selesai.

Kesimpulan

Hal yang terpenting sebelum melakukan factory reset adalah memastikan data yang ada di Android kamu telah di backup. Untuk backup data android, kamu bisa menggunakan referensi berikut.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *