Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Perbedaan SSD dan HDD, Mana yang Lebih Bagus ?

2 min read

perbedaan-ssd-dan-hdd

Artikel ini memberikan penjelasan tentang pengertian dan perbedaan SSD dan HDD serta cara memilih SSD yang pas untuk latop / komputer kamu.

SSD vs HDD, apa sebenarnya perbedaan SSD dan HDD?

Beberapa pertimbangan penting sebelum memilih atau membeli laptop / komputer baru salah satunya adalah spesifikasi yang baik berupa hardware maupun software.

Dengan spesifikasi yang baik, tentunya akan membuat performa laptop menjadi semakin baik. Salah satunya bisa dilakukan adalah dengan memilih antara penyimpanan HDD atau SSD.

Media penyimpanan pada laptop adalah berupa hard disk (HDD) yang menawarkan kapasitas mulai dari 320 GB hingga 4 TB. Hard disk menawarkan kapasitas yang beragam bagi masing-masing laptop.

Sedangkan dengan fungsi yang sama, SSD hadir dengan menawarkan tingkat performa kecepatan yang lebih dibandingkan dengan HDD. Pada laptop keluaran terbaru, hampir mulai digunakannya SSD sebagai pengganti atau tambahan untuk media penyimpanan di laptop.

Sebenarnya, apa pengertian SSD, apa oerbedaan SSD dan HDD dan apa yang bisa dilakukan oleh SSD?

Pada artikel kali ini, kami akan membahasnya secara lengkap.


Pengertian SSD

SSD adalah kepanjangan dari Solid State Drive, yaitu salah satu alternatif media penyimpanan pada laptop selain HDD yang menjadi media penyimpanan konvensional. Penggunaan SSD dapat meningkatkan kinerja komputer dengan memberikan performa kecepatan yang lebih dibandingkan dengan hard disk konvensional.

Selain itu juga terdapat SSHD ( Solid State Hibrida) yaitu media penyimpanan yang menggabungkan antara SSD dan HDD.


Pengertian HDD

HDD adalah media penyimpanan yang menawarkan kapasitas besar dengan harga yang murah, bila dibandingkan dengan SSD dan SHDD. Hard disk menjadi factor de facto yang digunakan oleh sebagian orang sebelum memilih dan atau membeli laptop baru.


Perbedaan SSD dan HDD

Tentunya meksipun sama-sama sebagai media penyimpanan pada laptop, tapi perbedaan SSD dan HDD bisa dilihat dari fisik keduanya atau dari performa penggunaan SSD vs HDD.

Beirkut adalah faktor yang bisa digunakan untuk melihat perbedaan SDD dan HDD :

Kecepatan

SDD menawarkan kecepatan untuk memproses perintah mulai dari pertama kali laptop dihidupkan. Fitur ini tentunya akan sangat membantu kegiatan baca atau tulis dalam satu waktu, atau kegiatan multifungsi yang dilakukan secara bersamaan. Namun juga masih mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan.

Karena menggunakan teknologi yang lebih cepat, tentunya akan membuat penggunaan daya pada laptop menjadi lebih hemat.

Tidak Mudah Rusak (Hardware)

SSD lebih aman dan tahan banting dibandingkan dengan HDD bisa. Di dalam SSD tidak terdapat mekanik sama sekali, sehingga apabila terpental dan jauh, SSD relatif tidak berpengaruh adanya kerusakan. Isi sebuah SSD hampir mirip seperti RAM, yaitu berupa kumpulan memori yang saling terhubung dan terpasang pada sebuah board.

Karena berupa memori dan minim komponen yang bergerak, akibatnya bentuk fisik dari SSD juga lebih ramping bila dibandingkan dengan HDD. Itu akan berpengaruh pada casing laptop yang akan terlihat lebih tipis dan ramping karena tidak menggunakan banyak tempat pada motherboard. SSD juga digadang-gadang lebih awet karena bahannya yang terbuat dari Solid-State.

Harga

Dari sisi harga, tentunya harga SSD akan jauh lebih mahal daripada HDD. Dengan contoh, untuk mendapatkan SSD dengan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB akan sama dengan kapasitas HDD sebesar 2 TB.

Hal ini dikarenakan SSD adalah flash memory yang diproduksi menggunakan teknologi baru. Hingga saat ini, laptop produksi Apple yang terkenal dengan Macbook dan hampir semuanya menggunakan SSD. Tidak heran jika harganya dibandrol dengan sangat mahal.


SSD vs HDD, Mana yang Lebih Baik untuk Laptop Saya?

Jika kamu sudah mengetahui perbedaan SSD dan HDD, tentunya yang menarik perhatian adalah kecepatan yang ditawarkan oleh SSD. Tapi, mana yang lebih baik untuk laptop kamu ?

Jika kamu menginginkan penggunaan laptop dengan prioritas pada kecepatan pemrosesan baca-dan-tulis, booting, dan eksekusi task, maka memilih menggunakan SSD bisa jadi pertimbangan. Karena jika dibandingkan dengan hanya menggunakan HDD, SSD akan membuat adanya jeda menjadi berkurang.

Contohnya bika menggunakan SSD, Windows akan lebih cepat untuk boot, aplikasi akan lebih cepat, dan file akan lebih cepat dibuka dan disimpan.

Jika kamu memerlukan laptop dengan kapasitas yang besar dan reltif murah, kamu bisa saja menggunakan laptop dengan HDD yang berkapasitas besar.


Kesimpulan

SSD mungkin masih sedikit awam bagi sebagian orang. Tapi jika kamu sudah paham betul perbedaan SSD dan HDD, tentu kriteria diatas bisa jadi pertimbangan kamu untuk memutuskan menggunakan SSD atau HDD atau keduanya.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *