Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Meta Website (Pengertian, Daftar Meta Tag & Cara Menambahkan di Website

2 min read

meta tag pada website

Artikel ini menjelaskan tentang pengertian meta tag pada website, daftar meta tag yang wajib, cara penggunaan hingga validator untuk mengeceknya.

Bagi masyarakat pada umumnya, mengakses sebuah website mungkin bukan hal yang sulit dilakukan. Tiap hari aktifitas mereka bisa jadi tidak lepas dari membuka alamat website baik itu via laptop atau HP. Misalnya membaca berita dari situs website pilihan mereka, mencari artikel rekomendasi, membuka resep masakan via web, dan lainnya.

Apa yang dilihat oleh masyarakat awam saat sedang mengunjungi website, sebenarnya adalah bentuk visual dan informatif dari susuan tag dan kode HTML yang ditulis dalam sebuah format tertentu. Pada umumnya, kode HTML berikut dituliskan mulai dari <head> hingga <footer>.

Bila ingin melihat kode apa saja yang menyusun terbentuknya sebuah website, kamu bisa menekan tomol ctrl + u atau klik kanan pada halaman website kemudian pilih viewpage source. aka akan tampil source yang berisikan tulisan baris code. Tentunya seorang webmaster atau programmer paham betul akan ini.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan khusus mengenai meta website; pengertian, daftar meta website yang minimal diwajibkan dalam sebuah web, cara menambahkan meta website dan cek apakah meta tersebut sudah terpasang, hingga membagikannya di sosial media.


Pengertian Meta Website

Meta Website (Meta Tag) adalah tag/snippet yang berupa text dalam HTML yang berfungsi untuk memberikan informasi atau isi konten dari sebuah halaman web. Informasi tersebut diantara lain adalah deskripsi, judul, kata kunci dan masih banyak lagi. Penulisan meta tag website harus diletakkan pada bagian antara <head> hingga </head>. Meta tag tidak bisa dilihat atau ditemukan secara visual di halaman website, melainkan hanya bisa dibaca di baris kode ( viewpage source ).

Meta tag seperti misalnya pada aplikasi blog seperti wordpress, sudah disediakan secara default. Namun, sebagian webmaster menambahkan meta tag sendiri untuk mengoptimalkan websitenya. Dan penulisan meta tag tidak mungkin diketikkan satu persatu di baris kode, melainkan dengan menginstal plugin yang banyak tersedia untuk WordPress, Blogspot, maupun lainnya.

Berikut adalah contoh meta website yang diambil dari view-source page :


Fungsi Meta Tag Website

Google sebagai search engine terbesar yang sering digunakan untuk mencari kebutuhan apa saja, dan akan menampilkan bermacam-macam website yang bisa kamu jadikan referensi.

Nah, apa hubungannya meta tag pada website dengan search engine?

Fungsi dari meta tag website adalah membantu search engine untuk mengenali isi konten dari suatu website, supaya sesuai antara apa yang sedang dicari / diketikkan di kolom pencarian dengan hasil website yang mempunyai konten yang sesuai.

Tidak hanya di search engine, penambahan meta tag juga bisa berpengaruh spesifik saat tautan website tersebut dibagikan di beberapa sosial media seperti misalnya facebook, twitter maupun whatsapp.

Supaya lebih mempunyai pandangan tentang apa itu meta tag website dan apa fungsinya, berikut adalah contoh saat kita sedang mengetikkan keyword / kata kunci di mesin pencarian google. Hasil yang muncul adalah sebagai berikut :

Karena itu, fungsi lain dari penambahan meta tag pada website adalah untuk mengoptimalkan ranking pada search engine. Pengisian antara judul dengan deskripsi dan isi konten dari sebuah website juga harus relevan.


Daftar Rekomendasi Meta Tag di Website

Saat membuat atau menuliskan konten di website, selain untuk membagikan informasi tentunya kita juga ingin menjadikan website kita selalu di ranking oleh Google dan menarik banyak pengunjung, bonusnya, kita bisa menghasilkan uang dari internet.

Nah, cara yang paling awal adalah dengan mengoptimalkan website. Kamu bisa menambahkan beberapa meta tag supaya websitemu cepat dikenali oleh Google dan muncul di halaman pertama.

Ada 3 meta tag yang harus ditambahkan untuk memberikan informasi pada search engine Google, dan mampu menaikkan traffic pengunjung. Sebenarnya terdapat lebih dari 3, namun meta yang lain tidak terlalu berpengaruh terhadap web marketing.

Berikut adalah daftar meta tag wajib yang harus ditambahkan pada setiap konten websitemu :

  1. Meta Title atau Title Tag

    Meta Title mengandung informasi tentang judul dari konten website. Meta ini wajib, karena isi dari meta tag akan tampil pada bagian paling atas saat search engine google menampilkan hasil yang relevan.

    Meta title juga akan tampil pada tab yang muncul di web browser. Contohnya seperti berikut :

    meta tag pada website

  2. Meta Description

    Meta description berisi ringkasan pendek (summary) dari keseluruhan isi konten suatu website.

  3. Meta Keywords

    Meta keywords adalah berupa kata kunci yang akan menghubungkan antara search engine dengan website. Diusahakan untuk mengisikan keyword dengan kata yang relevan dengan isi konten.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *