Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Menambahkan Meta Title Tag di Konten Website & Tips Menulisnya

1 min read

meta tag pada website

Artikel ini memberikan penjelasan lengkap tentang meta title tag. Termasuk fungsi dan tips ideal menulis meta title tag.

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan mengenai Meta Tag, lengkap dengan fugsinya, dan jenis-jenis meta tag yang sangat berpengaruh pada pencarian di search engine google, begitu juga dengan pengaruhnya bagi web master untuk membuat tautan website mereka menarik sejumlah click dari pengunjung.

Meskipun pada faktanya, penambahan meta tag (contohnya meta title dan meta description) sekarang ini tidak lagi berpengaruh besar untuk membantu menaikkan rangking website di pencarian google. Tapi tetap saja, penambahan judul yang menarik disertai dengan deskripsi singkat yang membuat orang lain penasaran untuk membuka website tersebut.

Jika diibaratkan buku, meta title adalah judul. Dan setiap buku pasti mempunyai judul, sama dengan sebuah konten website. Meta description, diibaratkan seperti synopsis yang merangkum keseluruhan isi buku atau konten dari suatu website yang dijelaskan dalam teks.

Untuk para pemula, jika kamu tidak mengerti dengan jelas apa itu meta title, meta description dan meta yang lain, serta bagaimana cara untuk menambahkannya baik secara manual atau menggunakan plugin, disini kami akan menjelaskannya dengan lengkap.

Meta yang akan dibahas disini adalah meta title, meta description dan meta keywords. Sebagaimana yang telah kami jelaskan di artikel berikut, yang setiap konten harus mempunyai ketiga meta tersebut.


Meta Title Tag

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, meta title tag bisa diibaratkan seperti judul buku. Setiap buku pasti mempunyai judul, dan setiap konten pasti mempunyai judul, kamu tidak bisa membiarkan sebuah konten artikel tanpa judul.

Meta Title akan tampil di search engine google, tab pada browser, dan pada external link (link yang dibagikan di media sosial seperti facebook, whatsApp, twitter, dst).


Tujuan dari Meta Title

Penambahan Meta Title dianggap penting dalam hal SEO (Search Engine Optimazion) karena 2 alasan berikut :

  1. Menaikkan rank dari keyword.
  2. Untuk menarik pengunjung click ke halaman websitemu.

Tips Menuliskan Meta Title Tag

  1. Judul Mengandung Keyword

    Satu hal yang peting adalah, penulisan judul / title sangat disarankan untuk mengandung kata atau keywords yang relevant dengan konten website / artikel yang ditampilkan. Meta title adalah salah satu aspek yang paling besar dalam menarik pengunjung / click. Hal itu akan menambah traffic bagi websitemu.

  2. Panjang Judul yang Ideal

    Panjang karakter untuk judul pada umumnya menyesuaikan pada device apa yang sedang digunakan.

  3. Selipkan Nama Website

    Cara ini bisa disebut sebagai branding untuk website kamu. Jika kamu menuliskan panjang judul yang pas, maka nama websitemu masih akan terlihat.

Contoh Penulisan Meta Title Tag

Kamu juga akan bisa menemukan format penulisan meta title tag di source page suatu website seperti berikut ini :

<head>
<meta name=”title” content=”Judul dari Artikel yang Kamu buat”>
</head>

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *