Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Menyimpan File di Gmail Dengan Google Drive

2 min read

fungsi-google-drive

Artikel ini menjelaskan tentang cara menyimpan file di gmail dengan google drive. Lengkap dengan cara membagikannya dan memberikan akses google drive.

Sebelumnya, kami telah membahas mengenai pengertian lengkap tentang Google Drive beserta fungsinya (baca pada tautan berikut). Setelah memahami kegunaan dan fugsinya, pastinya kamu bisa menggunakan google drive sebagai media penyimpanan file kamu.

Jika kita mengirim email menggunakan gmail, batasan maksimum untuk sekali mengirimkan file adalah 25MB. Tentunya, tidak semua file bisa kamu mampatkan menjadi 25MB, bagaimana jika lebih?

Solusi untuk mengirimkan file menggunakan gmail jika melebihi kapasitas adalah menggunakan google drive. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyimpan file di gmail menggunakan fitur dari Google Drive.

Google Drive juga bisa digunakan untuk menyimpan file online, dan sewaktu-waktu bisa kamu lampirkan saat mengirimkan email gmail.

Pada artikel berikut, kami akan memberikan tutorial lengkap mengirim dan menyimpan file di gmail dengan Google Drive.

Cara Menggunakan Google Drive

Apa saja sih yang bisa dilakukan oleh Google Drive jika sudah terhubung dengan Gmail? Kamu bisa menggunakan Google Drive untuk membuka dan menyimpan berbagai jenis file, bahkan beberapa juga bisa kamu modifikasi langsung di Google Drive.

File tersebut meliputi gambar, video, PDF, dokumen, file kompresi seperti zip dan rar, file microsoft office, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menggunakan kapasitas sebanyak 15GB gratis untuk menyimpan file.


Membuka Google Drive

Karena Google Drive adalah aplikasi multiplatform, kamu bisa membuka google drive baik dari komputer atau HP. Melalui web browser, kamu bisa membuka gmail kemudian mengakses google drive, atau langsung login ke halaman google drivemu.

Untuk aplikasi Google Drive di HP, tentunya kamu hanya butuh login dengane email gmailmu, dan otomatis akan tersimpan di HP.

Membuka Google Drive dengan Login Gmail.

Satu akun gmail, bisa menghubungkan beberapa akun atau layanan google yang lainnya, termasuk Google Drive. Jadi, jika kamu telah login gmail, kamu juga bisa mengakses google drive tanpa perlu login lagi.

Caranya :

  • Login pada Gmail.
  • Pada halaman email, klik pada icon untuk menampilkan aplikasi google yang lain.
  • Pilih Google Drive.

Untuk mengakses Google Drive tanpa login email gmail terlebih dahulu, kamu bisa mengakses ke url berikut.


Menyimpan dan Membuka File di Google Drive

Google Drive bisa kamu gunakan untuk menyimpan file yang dikirimkan baik dari Gmail atau Sharing antar Google Drive.

Jika kamu menerima email dan sedang mambuka attachment yang dapat berupa file apapun, kamu bisa menyimpan file di gmail dengan google drive menggunakan cara berikut :

  1. Buka file yang akan kamu lihat.
  2. Klik pada simbol Add to Google Drive untuk menyimpannya di Google Drive kamu.

Membuka File di Google Drive

Seperti fungsinya, untuk menyimpan file di gmail dengan Google Drive. Kamu bisa membukanya dengan cara mengeklik 2x pada file tersebut, atau klik pada file yang akan kamu buka, kemudian klik pada icon

Google Drive juga bisa kamu gunakan untuk membuka file apapun meskipun kamu tidak menginstal aplikasi untuk membuka file tersebut. Ini karena Google Drive terhubung dengan lebih dari ratusan aplikasi untuk membuka file dengan jenis yang berbeda.


Membagikan File di Google Drive

Jika kamu menyimpan file di Google Drive, dan kamu belum membagikannya pada siapapun, file tersebut bisa dijamin aman dan hanya kamu yang bisa membuka atau mengakses file tersebut.

Pastikan sebelum kamu membagikan file tersebut, kamu sudah menyimpan alamat email penerima di buku kontakmu.

Berikut adalah cara untuk membagikan file atau memberikan akses google drive :

  1. Klik pada file yang akan kamu bagikan.
  2. Klik pada icon.
  3. Tentukan pada siapa saja kamu memberikan akses google drive. Tuliskan email mereka.
  4. Berikan apakah mereka bisa edit, view atau comment.
  5. Klik done.

Untuk memberikan akses google drive, kamu bisa memilih pilihan akses berikut :

  • On – Public on the Web. Artinya siapapun bisa mencari, menemukan, membuka, mengakses file kamu selama mereka terhubung dengan internet, tanpa harus login dengan email mereka.
  • On – Anyone with the link. Kamu bisa membagikan dan memberi akses google drive pada file kamu hanya pada email yang kamu sebutkan.
  • Off – Specific People. File tersebut bersifat privat dan hanya pemilik file yang bisa mengakses.

Bagikan File Google Drive via Link

Kamu juga bisa membagikan file kamu pada siapapun selama mereka mengetahui link tersebut. Caranya :

  1. klik pada file yang akan kamu bagikan.
  2. Klik pada icon
  3. Copy link yang tertera pada layar tersebut.
  4. Bagikan via email, chat, bio maupun pesan atau tampilan teks yang lain.

Jika link tersebut di klik, maka akan langsung menuju ke file kamu, tetapi mereka hanya mempunyai akses untuk View saja.

Cara Membuat Folder di Google Drive

Jika kamu merasa file yang kamu simpan di Google Drive sudah cukup banyak, berantakan dan tidak terorganisasi, tentunya kamu akan merasa kesulitan untuk mengelompokkannya satu persatu. Justru akan membuatmu lebih lama menemukan file yang kamu butuhkan.

Solusinya adalah membuat folder di Google Drive sesuai dengan jenis file, tujuan file, isi file, maupun kategori yang lainnya.

Cara membuat file di Google Drive adalah :

  1. Pada kolom kiri, klik pada New > Folder.
  2. Beri nama folder tersebut.
  3. Drag & Drop file yang akan kamu kelompokkan dalam folder tersebut.

Kamu juga bisa membagikan satu folder beserta isinya, daripada harus membagikannya satu persatu.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *