Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Iklan di Android

2 min read

menghilangkan iklan di android

Artikel ini menjelaskan tutorial mencegah iklan di Android, menghilangkan iklan di Android dan menginstal aplikasi pemblokir iklan di Android.

Kemanapun kamu berada pasti tidak akan pernah lepas dari jangkauan smartphone. Untuk beragam aktifitas, smartphone memang perangkat canggih yang bisa difungsikan untuk mempermudah pekerjaan manusia, mendapatkan hiburan, dan mampu untuk menginstal aplikasi yang beragam.

Fungsionalitas smartphone itu tentunya akan tidak mengasyikkan dengan adanya iklan, bukan? Iklan yang tampil tidak hanya di web browser namun terkadang juga secara acak muncul iklan pop-up yang kehadirannya tidak diinginkan dan sangat menggangu. Jenis iklan apa saja yang muncul di layar HP kamu?

Jenis Iklan di Android

Jika HP kamu terkadang muncul iklan atau keadaan seperti di bawah ini, maka tandanya HP kamu terkena virus, aplikasi / software yang tidak diinginkan, atau malware. Malware adalah suatu program yang dirancang untuk menyusup ke sistem HP kamu. Tidak hanya di HP, tetapi malware juga biasanya menyerang sistem komputer. Perhatikan apakah HP kamu mengalami tanda-tanda seperti di bawah ini ?

  • Iklan yang secara otomatis dan acak membuka aplikasi chrome dan membuka alamat baru.
  • Iklan pop-up yang secara acak muncul pada saat HP dalam keadaan hidup. Bisa muncul di homescreen, locksreen maupun saat membuka aplikasi tertentu.

Nah, jika kamu mengalami kejadian tersebut pasti sangat mengganggu aktifitas, bukan? Iklan yang sering muncul bisa jadi juga salah satu tanda HP terkena virus. Artinya kamu butuh cara menghilangkan iklan di HP kamu.

Alasan HP terkena virus menjadi bermacam-macam. Bisa karena menginstal aplikasi yang tidak orisinal, bisa karena membuka alamat suatu website yang menjadi sumber virus / iklan, dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi iklan sekaligus menghapus iklan di android atau di HP kamu.

Mendeteksi Aplikasi Penyebab Iklan

Banyak referensi tempat download aplikasi android yang menyediakan aplikasi orisinil. Tapi memang tidak semua bebas dari iklan. Kamu harus membaca review atau penjelasan singkat pada tiap aplikasi sebelum menginstal aplikasi android.

Ada baiknya kamu menginstal aplikasi AirPush Detector. Aplikasi ini memang tidak bisa memblokir iklan di android, tetapi bisa mendeteksi aplikasi mana yang menyebabkan iklan.

AirPush Detector akan melakukan scan ke perangkat Android kamu untuk melihat aplikasi mana yang menyebabkan iklan selalu muncul di layar. Hasilnya, akan terdapat notifikasi / alert. Selanjutnya, tentunya kamu bisa menentukan untuk uninstal aplikasi tersebut untuk menghilangkan iklan di android.

cara menghilangkan iklan android
Ilustrasi aplikasi AirPush Detector

Download aplikasi AirPush Detector di Google Playstore disini.

Aplikasi Pemblokir Iklan di Android

Jika HP kamu sudah terjangkit iklan yang mengganggu, ada baiknya kamu menginstal aplikasi pemblokir iklan di Android berikut ini :

AdGuard

cara menghilangkan iklan adguard

AdGuard adalah aplikasi pemblokir iklan yang tidak hanya bisa diinstal di Android, tetapi juga smartphone dengan sistem iOs, Windows maupun Mac. Aplikasi AdGuard berjalan tanpa root dan mampu menghilangkan iklan yang muncul di aplikasi, browser maupun layar HP saat locksreen, homescreen dan lainnya.

Kelebihan apalikasi AdGuard adalah :

  • Aplikasi AdGuard akan memblokir iklan apa saja, termasuk iklan video dan pop-up.
  • Memblokir iklan di aplikasi, browser, games dan website.
  • Melindungi dari malware dan adware.
  • Gratis digunakan.

Untuk aplikasi AdGuard versi gratis / free, kamu bisa menghilangkan iklan di browser Android. Sedangkan untuk versi premium / berbayar, kamu bisa menambahkan filter untuk memblokir iklan di aplikasi Android.

Unduh Aplikasi AdGuard disini.

AdBlock Plus (ABP)

AdBlock Plus termasuk aplikasi pemblokir iklan yang terpopular dan paling banyak diunduh. Aplikasi AdBlock Plus dapat berjalan dengan perangkat yang di root maupun tidak di root.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, cukup instal, buka aplikasi dan lakukan beberapa pengaturan. AdBlock Plus akan memblokir iklan pada browser saat kamu menjelajah online.

Unduh aplikasi AdBlockPlus di Google Playstore disini.

Menghindari Aplikasi Penyebab Iklan

Sebelum terlanjur HP terkena malware atau adware (iklan yang muncul menggangu), ada baiknya sebagai pengguna untuk berhati-hati dalam menginstal aplikasi atau mengeklik iklan dari website.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan :

  • Instal aplikasi orisinil dari Google PlayStore.
  • Tidak sembarangan mengeklik iklan dari website.
  • Tidak sembarangan mengeklik iklan dari games atau permainan android.
  • Instal aplikasi AirPush Detector.
  • Instal aplikasi pemblokir iklan.

Semoga tips di atas membantu dalam mencegah dan menghilangkan iklan di Android. Selamat mencoba!

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *