Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Menghapus Virus Malware di Semua Perangkat

2 min read

menghapus virus malware

Artikel ini memberikan tutorial untuk menghapus virus malware. Diantaranya adalah cara menghilangkan malware di chrome, di laptop windows 7, maupun di perangkat Android.

Siapapun pasti terganggu dengan adanya virus yang menyerang perangkat kerja kita, bisa jadi di komputer atau HP. Apalagi jenis virus sudah sangat beragam dan dengan sangat mudah menjangkit semu perangkat bila kita tidak berhati-hati.

Salah satu jenis virus yang sering ditemui adalah virus Malicious Software atau biasa dikenal dengan Malware. Malware adalah suatu program yang dirancang untuk menyusup ke sistem perangkat kamu. Bisa jadi di komputer, laptop, web browser, smartphone maupun tablet.

Meskipun Malware adalah sebuah software, namun tujuan dari dibuatnya virus ini adalah untuk menghapus, menyembunyikan dan mengedit data tanpa seijin dari pemilik perangkat yang terkena virus.

Malware juga termasuk virus yang sering dijumpai karena penyebarannya yang mudah. Tindakan untuk mencegah dan menghapus virus malware harus segera dilakukan. Daripada kamu harus menginstal ulang komputer atau Androidmu.


Jenis-Jenis Malware

Jenis virus malware sangat beragam, berikut adalah beberapa jenis virus malware yang sering menyerang perangkat secara umum.

  1. Virus Komputer, virus malware bisa jadi berupa virus yang disebarkan melalui file yang terinveksi, melalu perangkat USB, maupun melalui aplikasi .exe yang dijalankan.
  2. Adware, virus malware jenis ini sering kita temui. Yaitu berupa iklan pop-up yang muncul tanpa kita perintah.
  3. SpyWare, virus malware bertindak sebagai mata-mata yang mengoleksi akftifitas apa saja yang sering kita lalukan melalui perangkat yang terkena virus.
  4. Browser Hijacker, kejadian seperti ini sering kita alami, saat tiba-tiba browser membuka alamat situs asing atau sering sekali mesin pencari kita berubah ke alamat situs asing, contohnya Onewebsearch.

Jenis yang lain bisa berupa Trojan, BackDoor, Worm, KeyLogger & RootKit.


Penyebab Terkena Virus Malware

Diantara beberapa virus malware yang tersebar di laptop atau smartphone, secara umum penyebabnya adalah :

  • Menginstal Aplikasi / software yang tidak dari sumber terpercaya.
  • Membuka aplikasi dari yang terkena viru malware sebelumnya.
  • Membuka alamat situs yang terjangkit malware.
  • Membuka USB yang terkena virus malware.

Tanda Terkena Virus Malware

Karena virus malware bisa menyerang komputer hingga web browser, maka tentunya tanda-tandanya akan sangat variatif. Bisa jadi apabila salah satunya telah kamu alami, maka sudah pasti perangkat kamu terkena virus malware.

  • Tiba-tiba muncul pop-up iklan yang mengganggu.
  • Tiba-tiba membuka web browser dan otomatis membuka alamat situs setiap kali terhubung ke internet.
  • Tiba-tiba di laptop / komputer terdapat software yang sebelumnya tidak pernah kita instal.
  • Menjalankan software yang tidak kita perintah.
  • Internet menjadi lemot.
  • Banyak file dengan nama yang sama.

Masih banyak lagi jenis gangguan yang terjadi bila perangkat kamu terkena virus malware. Yang harus dilakukan adalah mencari antivirus atau tindakan penghapusan virus tersebut supaya tidak menyebar dan perangkatmu kembali sehat.


Cara Menghapus Virus Malware di Laptop Windows 7

Saat kamu menggunakan laptop dan mulai mengalami tanda-tanda di atas, kamu bisa menginstal aplikasi antivirus yang mendukung penghapusan virus malware.

Cara mengatasi malware di komputer salah satunya menggunakan antivirus Malwarebytes. MalwareBytes adalah software atau antivirus yang berfungsi untuk mengarantina dan menghapus virus malware yang ada di komputer kita.

Berikut cara menghapus virus malware di laptop :

  1. Download Malwarebytes disini.
  2. Lakukan scanning.
  3. Hapus virus tersebut.
  4. Lakukan scanning virus setiap hari secara berkala.
  5. Hapus program yang mencurigakan / yang tidak dikenal dan aneh. Kamu bisa menghapusnya melalui Control Panel > Programs & Features.
  6. Pilih program yang mencurigakan, klik Uninstall.

Download Malwarebytes : MalwareBytes kuyhaa.


Cara Menghilangkan Malware di Chrome

Web Browser juga bisa menjadi korban dari virus malware. Biasanya akan muncul extension yang tidak dikenal yang tiba-tiba terinstal di web browsermu. Atau biasanya setiap kali kamu menggunakan mesin pencari akan berubah ke alamat situs yang tidak dikenal.

Berikut adalah cara menghilangkan malware di Chrome :

  1. Buka web browser Chrome.
  2. Masuk pada Setting.
  3. Scroll ke bawah sampai klik pada tombol Advanced.
  4. Pilih Restore Settings to Their Original Defaults.
  5. Pilih Reset Settings.

Cara diatas menjadi cara tercepat untuk menghilangkan malware di Chrome. Semua extention dan plugin akan dikembalikan menjadi default ke setelan awal.

Kamu bisa menginstalnya kembali jika memang ada extention yang masih kamu butuhkan.


Cara Menghapus Virus Malware di SmartPhone Android

Siapa sangka kalau virus malware juga bisa menyerang Android kamu, biasanya berupa iklan pop-up yang muncul tanpa di perintah. Untuk menghilangkan virus malware di Android, kamu bisa menggunakan aplikasi AdGuard.

cara menghilangkan iklan adguard

Aplikasi AdGuard berjalan tanpa root dan mampu menghilangkan iklan yang muncul di aplikasi, browser maupun layar HP saat locksreen, homescreen dan lainnya.

Unduh aplikasi AdGuard disini.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *