Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

3 Cara Mudah dan Aman Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

2 min read

Artikel ini memberikan tutorial untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di flashdisk. Recover data yang terhapus dengan atau tanpa software.

Kehilangan data memang menyebalkan, apalagi data tersebut sangat penting dan sangat dibutuhkan. Bisa jadi data yang hilang itu sebelumnya disimpan di laptop, HP, atau flashdisk. Karena hal yang disengaja seperti di format atau karena memang media penyimpanan tersebut rusak, otomatis data yang didalamnya pun ikut hilang.

Bukan hal yang aneh bila kita menyimpan data di flashdisk. Karena flashdisk cukup ringan, kecil, mampu menampung banyak kapasitas, dan bisa dibawa kemana-mana (mobile).

Tidak jarang juga, barang sekecil flashdisk bisa rusak, terformat atau sengaa di format. Bagaimana jika data tersebut hilang atau terhapus sebelum kita sempat mem-backup nya?

Ternyata, bisa loh mengembalikan data yang sebelumnya sudah terhapus di flashdisk. Kamu bahkan bisa mengembalikan data yang terhapus di flashdisk tanpa software apapun. Untuk laptop dengan sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan kombinasi perintah yang diketik di command prompt.

Nah, pada arikel kali ini, kami akan memberikan tutorial lengkap cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan atau tanpa software.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Software

Kamu bisa melihat file atau folder yang terhapus di laptop atau flashdisk atau media penyimpanan lainnya di Recycle Bin. Untuk mengembalikannya lagi, klik pada file tersebut, lalu pilih Restore. Jika kamu masih tidak menemukan file atau folder yang terhapus, kamu masih bisa mengembalikannya dengan cara berikut :

Menggunakan CMD

Bagi pengguna Windows, kamu bisa memanfaatkan kombinasi perintah di command prompt seperti berikut :

mengembalikan-file-terhapus
  1. Buka command promt, klik Start – ketik cmd, atau kombinasi Windows – R.
  2. Ketikkan ATTRIB -H -R -S /S /D G:*.* 

Note! Huruf G pada bagian terakhir adalah nama direktori dari flashdisk kamu.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Software

Jika kamu membuka direktori flashdiskmu dan masih belum muncul file yang terhapus, kamu bisa menggunakan aplikasi berikut ini untuk mengembalikannya.

Aplikasi Data Recovery

Beberapa aplikasi dibawah ini memang bisa diinstal dan digunakan secara gratis, kamu bisa mencobanya terlebih dulu. Aplikasi dibawah ini berguna untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang.

EaseUS Data Recovery Wizard

File yang terhapus permanen di komputer, flashdisk, memory card, pen drive, harddisk portable atau SSD, bisa dikembalikan penggunakan aplikasi third party bernama EaseUs Data Recovery.

EaseUs Data Recovery bisa kamu gunakan untuk mengembalikan folder atau file yang terhapus di semua media penyimpanan. Aplikasi ini gratis dan terpercaya serta cepat untuk melakukan scanning

Langkah untuk menggunakan EaseUs Data Recovery :

  1. Pilih drive yang akan kamu scan.
  2. Klik Scan. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  3. Setelah itu akan tampil pada folder Deleted Files. Di folder tersebut kamu bisa memilih file atau folder mana yang akan kamu restore (kembalikan).
  4. Klik Recover, dan pilih direktori mana tempat kamu ingin mengembalikan file tersebut.

Downloa EaseUs untuk Windows
Download EaseUs untuk Mac

AnyRecover

Aplikasi data recover yang satu ini pasti akan sangat berguna tidak hanya untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer atau flashdisk. Kamu juga bisa melakukan data recovery karena alasan berikut :

  • Drive rusak.
  • Empty Recycle Bin.
  • Format.
  • Loss partition.
  • Terkena virus.
  • Instal ulang.

Download AnyRecover untuk Windows


Tips Agar Flashdisk Beserta Isinya Selalu Aman

Meskipun beberapa cara diatas membawa kabar baik karena dapat mengembalikan file yang terhapus, tapi tidak ada salahnya kamu juga perlu membuat pencegahan dan perhatian agar file dalam flashdiskmu selalu aman.

Berikut adalah tips agar file dalam flashdisk selalu aman :

  1. Lakukan scanning untuk menghindari flashdiskmu dari virus. Scanning dengan antivirus yang selalu di update, ya.
  2. Usahakan untuk tidak sembarangan membuka flashdisk lain di komputermu. Kemungkinan cara itu bisa menularkan virus ke komputer dan atau flashdisk kamu.
  3. Dan juga jangan membuka flashdiskmu di sembarang komputer yang tidak menggunakan antivirus.
  4. Backup data dan file yang ada di flashdiskmu.

Sekian penjelasan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, beserta tips untuk menghindari adanya kerusakan atau hilangnya file di komputer atau flashdisk kamu. Semoga bermanfaat.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *