Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen atau Multi Window di Android

2 min read

mengaktifkan split screen android

Artikel ini memberikan panduan untuk mengaktifkan mode split screen / multi window / multitasking di semua smartphone Android.

Kata-kata ini mungkin asing bagi sebagian orang, tapi bisa jadi juga tidak. Beberapa smartphone sudah mempunyai fitur untuk mengaktifkan mode Split Screen atau biasa juga dikenal dengan multi window atau multi tasking window. Pernah dengar?

Mode Split screen dan istilah lain yang disebutkan diatas semuanya sama. Yaitu sebuah mode untuk menampilkan lebih dari 1 aplikasi aktif dalam satu layar. Seperti namanya, multitasking, artinya bisa mengerjakan pekerjaan lebih dari 1 dalam waktu bersamaan.

Fitur itu memang sangat membantu pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Misalnya menonton video sambil membalas pesan, atau membuka instagram sambil membuka gallery. Dan masih banyak kegiatan lainnya.

Namun sayangnya, fitur split screen tidak dimiliki oleh semua smartphone. Di Android saja, fitur ini baru bisa dijalankan di smartphone Android versi Nougat, dan itupun tidak semua aplikasi bisa berjalan bersamaan.

Nah, karena kebanyakan tren smartphone sekarang ini mempunyai layar besar atau full screen, harusnya bisa, dong, untuk mengaktifkan mode split screen? Jawabannya adalah, bisa.

Persyaratan Split Screen di Layar Android

Dengan panduan cara mengaktifkan mode split screen berikut, selama kamu menggunakan Android dengan versi minimal Nougat, dan merk apapun smartphonemu, akan bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Untuk Android dengan versi terbarunya, pastinya bisa menggunakan fitur split screen, dan bahkan sudah menjadi fitur yang tinggal diaktifkan di menu utama.

Meskipun begitu, tetap saja tidak semua aplikasi bisa dijalankan secara bersamaan dengan mode split screen. Jika aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan, akan muncul pesan informasi “App does not support split screen mode“.


Apa yang Bisa Dilakukan Dengan Mode Split Screen ?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, yang bisa kamu lakukan saat mode split screen sudah aktif adalah :

  1. Bisa menjalankan lebih dari 1 aplikasi berjalan bersamaan.
  2. Kamu bisa melakukan resize ukuran aplikasi yang sedang tampil di layar. Kamu bisa menarik ukuran layar di salah satu aplikasi yang sedang aktif.

Mengaktifkan Split Screen di Semua Smartphone

Kamu mempunyai smartphone dengan layar lebar dan Android juga? Namun kamu masih belum menemukan tombol atau shortcut untuk mengaktifkan split screen? Tenang, berikut adalah panduan untuk mengaktifkan mode split screen di smartphonemu :

  1. Langkah pertama, aktifkan mode Developer Option. Cara untuk mengaktifkannya berbeda tiap smartphone. Cara yang umum adalah buka pada menu Pengaturan / Setting. Kemudia cari build number Android.
  2. Tap sebanyak 4x pada build number Android.
  3. Kembali ke menu Pengaturan / Setting, dan akan muncul menu Developer Options. Buka menu tersebut.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan toggle Force Activities to be Re-Sizable. Aktifkan toggle menu tersebut.
  5. Restart smartphone kamu.

Setelah smartphonemu kembali menyala, tentunya mulai saat itu juga kamu bisa menikmati fitur split screen / multi window.


Cara Menggunakan Split Screen

Setelah mode split screen sudah aktif, cara untuk mengaktifkannya adalah dengan memencet tombol recent app agak lebih lama. Dan akan muncul list aplikasi yang diurutkan berdasarkan aplikasi yang baru saja kamu buka.

Pilih aplikasi yang ingin kamu buka. Dan, mode split screen akan aktif. Kamu bisa melihat 2 aplikasi berjalan di 1 layar Androidmu.


Split Screen Samsung

Samsung sebagai produsen smartphone yang juga kebanyakan menggunakan sistem operasi Android, beberapa sudah menawarkan fitur Split Screen. Dengan persyaratan yang sama, yaitu Android versi Nougat.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus mengaktifkan toggle Multi Window :

  1. Buka menu Pengaturan / Setting.
  2. Pilih menu Advanced Features.
  3. Pilih Multi Window.
  4. Aktifkan toggle Multi Window.

Masih dengan cara yang sama, untuk menggunakannya, kamu tinggal memencet tombol recent app / recent key dan pilih aplikasi mana yang ingin kamu buka.


Kesimpulan

Untuk mengaktifkan mode Split Screen, kamu harus menggunakan Android minimal versi Nougat. Lalu, tinggal aktifkan Developer Option untuk mengaktifkan Multi Window.

Setelah itu, cara menggunakannya adalah memilih aplikasi yang muncul di recent app / recent key.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *