Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Mengaktifkan Google Assistant di HP

2 min read

google assistant di HP

Artikel ini memberikan tutorial untuk mengecek apakah Google Assistant sudah bisa digunakan di smartphone Androidmu, cara berbicara dengang Google Assistant, beserta cara mengganti Google Assistant ke bahasa Indonesia.

Pada saat peluncuran pertamanya tahun 2016, Google Assistant hanya diperuntukkan bagi pengguna smartphone Google Pixel atau Google Pixel XL. Setahun kemudian, tepatnya pada Februari 2017, Google mulai memberikan akses untuk penggunaan Google Assistant di Android dengan minimal OS Marshmellow atau Nougat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya (baca disini), tidak semua perangkat smartphone bisa menggunakan Google Assistant, bergantung pada apakah Google Assistant sudah diaktifkan atau belum.

Meskipun Google Assistant bisa berjalan di smartphone Android dengan OS Marshmellow, namun jika kamu memiliki ponsel Android dengan versi yang lebih lama (minimal lollipop), kamu masih bisa menggunakan Google Assistant.

Tentunya cara untuk mengaktifkan Google Assistant di Android tidaklah rumit dan tanpa melakukan Root. Google Assitant bisa diaktifkan melalui pengaturan di smartphone Android kamu. Atau jika memang belum tersedia Google Assistant, kamu bisa download Google Assistant apk yang ada di Google Playstore.

Mengecek & Mengaktifkan Google Assistant

Penasaran bagaimana cara berbicara dengan google? Apakah smartphonemu bisa menjalankan perintah melalui Google Assistant? Ada baiknya kamu melakukan langkah berikut :

Tekan tombol Home selama beberapa detik sampai muncul tampilan Google Assitant dan mulai berbicara. Kamu bisa mengawalinya dengan trigger “Ok Google” atau Hi Google”.

Jika Google Assitant dalam keadaan nonaktif, kamu akan diminta untuk mengaktifkannya. Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan Google Assistant / Ok Google.

  • Pada aplikasi di smartphonemu, pilih Setelan – Google.
  • Pilih Search, Assistant & Voice.
  • Pilih Google Assistant. Setelah itu kamu akan masuk ke akun Gmailmu.
  • Pilih Assistant.
  • Pilih Phone.
  • Terakhir, aktifkan Google Assistant.
  • Aktifkan Access with Voice Match untuk mengaktifkan alternatif membuka lockscreen smartphone menggunakan suaramu. (optional)

Setelah beberapa langkah di atas, maka kamu sudah dapat menggunakan Google Assistant. Kemudahan apa yang bisa didapat? Tentunya jika dulunya kamu masih sering melakukan aktifitas dengan menelusuri aplikasi Android, atau masih dengan mengetikkan teks, sekarang kamu tinggal berbicara dengan Google. Tentunya dengan suara perintah yang dikenali Google Assistant. Berikut adalah contoh perintah suara yang dikenali Google Assistant :

Perintah Suara Google Assistant

Fungsi Google Assistant adalah menjalankan perintah suara yang kamu ucapkan, menjadi media untuk dapat berbicara dengan Google dan menjalankan perintah kepada Android menggunakan suara. Oleh karena itu, untuk dapat berkomunikasi kamu perlu mengetahui perintah apa saja yang dikenali oleh Google Assistant. Berikut adalah beberapa perintah yang bisa kamu ucapkan :

  1. Goodmorning” atau “Goodnight” dst

    Jika kamu mengucapkan greeting diatas, maka Google Assistant akan menjawab greeting-mu.

  2. Call me Agnes

    Kamu juga bisa menggunakan format suara “Call me (nama kamu)”, maka di setiap kamu mengucapkan greeting seperti poin 1 di atas, Google Assistant akan menjawab sesuai nama yang kamu perintahkan.

  3. “Send a Whatsapp message”

    Ingin mengirimkan pesan whatsapp tanpa harus membuka aplikasi whatsApp? Kamu bisa mengucapkan “Send a Whatsapp message to (nama kontak)”

  4. Open Spotify

    Kamu bisa membuka aplikasi yang terinstal di smartphonemu tanpa harus mengeklik aplikasi tersebut. Misalnya “Open twitter”, maka akan secara otomatis terbuka aplikasi twitter.

  5. “Wake me up at 9 a.m.”

    Ingin mengatur alarm tapi malas membuka aplikasi alarm? Ucapkan contoh perintah suara berikut “Wake me up at 9 a.m.” maka alarm akan secara otomatis terbuat.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang bisa dilakukan oleh Google Assitant, coba langkah berikut :

  • Tekan tombol Home selama beberapa lama.
  • Ucapkan “what can you do“. Maka setelah itu akan tampil perintah apa saja yang bisa dikerjakan, lengkap dengan suara yang harus diucapkan.

Untuk perintah yang lain, bisa kamu temukan di tautan berikut.

Merubah Bahasa Google Assistant

Secara default, suara Google Assistant menggunakan bahasa Inggris. Jika demikian, maka kamu juga harus mengucapkan perintah dalam bahasa Inggris. Tapi sebenarnya, tersedia kurang lebih 20 bahasa yang bisa digunakan, termasuk bahasa Indonesia.

Untuk merubah google assistant menjadi bahasa Indonesia, kamu bisa melakukan langkah berikut untuk mengganti bahasa Google Assistant :

  • Masuk ke dalam Setelan.
  • Pilih Google.
  • Pilih Search, Assistant & Voice.
  • Pilih Google Assistant.
  • Pilih Assistant.
  • Pilih Language.
  • Pilih Bahasa Indonesia.

Setelah itu, kamu bisa mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia. Untuk mengetahui perintah apa saja yang bisa dilakukan, ucapkan perintah berikut “Apa yang bisa kamu lakukan”.

Kesimpulan

Dengan adanya Google Assistant, untuk beberapa aktifitas bisa kamu lakukan cukup dengan suara, tanpa mengetik maupun menelusuri aplikasi tersebut. Yang jelas, fitur ini bisa membantumu untuk berbicara dengan google, bukan?

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *