Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Panduan Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word Dengan Cepat

2 min read

cara membuat daftar isi

Artikel ini memberikan tutorial cara membuat daftar isi di Ms. Word dengan mudah, cepat dan lengkap.

Microsoft Word atau disingkat menjadi Ms. Word dikenal dengan salah satu produk dari Microsoft yang paling populer. Aplikasi ini banyak digunakan oleh penggunanya sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler.

Aplikasi Ms. Word bisa diinstal di semua komputer dengan berbagai sistem operasi. Tidak hanya itu, aplikasi ms. Word juga bisa diinstal di smartphone Android maupun iPhone.

Tidak hanya bagi mahasiswa saja, para pekerja kantoran maupun siapapun pasti menggunakan aplikasi Ms. Word untuk kebutuhan mengetik mereka. Nah, mungkin saja kita mengetikkan teks yang tidak hanya menghabiskan satu atau dua halaman.

Bagaimana jika kita mengetik dengan jumlah halaman yang banyak? Membaca teks dengan banyak halaman tentunya membuat kita sulit fokus saat ingin menemukan sebuah teks atau topik tertentu.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah daftar isi untuk mempermudah pencarian, pengelompokkan dan pengorganisasian tulisan. Penggunaan daftar isi juga pastinya menjadi salah satu komponen yang tidak bisa lepas dari setiap artikel, skripsi, makalah, buku, dan lainnya.

Cara membuat daftar isi sebenarnya sudah disediakan oleh Ms. Word. Fitur pembuatan daftar isi otomatis tersedia dengan nama Table Of Contents. Halaman daftar isi akan dibuat untuk merangkum bagian yang ditandai di setiap halaman (bukan semua paragraf dalam suatu halaman).

Berikut adalah cara membuat daftar isi di Ms. Word :


Daftar Isi

Langkah & Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Ms. Word di komputer. Dalam membuat daftar isi disediakan 2 pilihan, yaitu cara membuat daftar isi otomatis / daftar isi manual.
Jika daftar isi otomatis, maka setiap saat kamu merubah tatanan teks judul atau sub judul, daftar isi akan otomatis berubah. Begitupun sebaliknya jika kamu memilih daftar isi manual.
Langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat daftar isi adalah :

  1. Buka aplikasi Ms. Word.

  2. Menerapkan Gaya / Style.

    Setiap kali mengetik, usahakan menggunakan kaidah penulisan yang benar : Terapkan gaya pada tulisan, misalkan judul / heading, sub heading / sub judul, dan seterusnya. Tahap ini bisa kamu lakukan di menu Beranda Gaya. cara membuat daftar isi

  3. Buat daftar isi otomatis

    Cara membuat daftar isi, klik pada fitur Referensi Daftar Isi. cara membuat daftar isi

  4. Perbarui tabel.

    Setelah kamu menerapkan style seperti judul, sub judul dan lainnya, maka daftar isi akan berubah. Untuk mengupdate / memperbarui data daftar isi, kamu bisa klik pada daftar isi – perbarui tabel pilih perbarui seluruh tabel. cara membuat daftar isi

Itulah fungsinya daftar isi otomatis, kamu bisa memperbarui data daftar isi dan halaman tanpa harus merubahnya satu per-satu. Sangat direkomendasikan.


Menambah Link Pada Daftar Isi Saat di Klik

Tujuan dibuatnya daftar isi adalah untuk mempermudah pengurutan suatu halaman, serta memudahkan pembaca untuk menemukan topik yang dibutuhkan.

Nah, setelah kamu membuat daftar isi, kamu juga bisa menuju ke halaman dari masing-masing poin di daftar isi. Ini bisa dilakukan saat kamu menambahkan hyperlink (link) pada masing-masing poin daftar isi tersebut.

Efek setelah kamu menambahkan hyperlink adalah, setiap kamu klik poin tersebut, maka akan menuju ke judul & halaman yang sesuai.

Berikut adalah ringkasan caranya :

  • Klik File.
  • Pilih Options.
  • Pilih Advanced.
  • Hilangkan centang pada Use CTRL + Click to follow hyperlink.
cara menambahkan link

Kesimpulan

Dari topik ini, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari daftar isi adalah :

  • Termasuk struktur penulisan di setiap karya teks yang harus disertakan.
  • Mempermudah pencarian dengan tepat dan cepat.
  • Pengelompokkan dan pengorganisasian tulisan berdasarkan masing-masing bab.
  • Membantu menyusun urutan dari materi penulisan.

Masih banyak lagi fungsi daftar isi. Setelah membaca artikel ini, semoga bisa diterapkan cara membuat daftar isi pada makalah, buku, artikel, dan lain sebagainya, yang tentunya ditulisa menggunakan Ms. Word.

Selamat mencoba!

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *