Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Tutorial Melihat Hasil Google Form dan Cara Mencetaknya

1 min read

Artikel ini menjelaskan tentang cara untuk melihat hasil google form. Hasil ini bisa diambil dari informasi yang dikirimkan oleh responden. Lengkap dengan cara mencetaknya.

Google Form, seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya ( baca disini ) adalah fitur dari Google yang digunakan untuk membuat kuisioner, jadwal, kuis dan form online.

Cara membuatnya yang mudah dan cepat, dan bisa diakses online, membuat Google Form banyak digunakan untuk membuat form online, yang bisa diakses oleh banyak akun.

Setelah kamu membuat dan membagikannya, tentu kamu ingin melihat respon yang dikirimkan oleh respondent. Entah itu kamu membuat kuisioner, kuis, atau jenis lain.

Hasil Google Form itu bisa berupa dokumen excel yang biasa disebut Spreadsheet, Grafik maupun diagram. Setelah itu, kamu bisa mengunduhnya, bahkan mencetaknya langsung untuk dijadikan report.

Bagaimana langkah untuk membuat hasil google form? Disini kami akan membahasnya lengkap dengan gambar.


Melihat Hasil Google Form

Hasil respondent google form bisa disebut dengan response. Setiap kali google form tersebut dibuat, dikirimkan, dan kemudian responden melakukan submit data, maka response akan otomatis dibuat dan dikirimkan ke pembuat form tersebut.

Langkah untuk melihat hasil google form adalah :

Langkah 1. Buka halaman google form.
Buka halaman google form, dan akan tampil riwayat form apa saja yang sudah pernah kamu buat. Halaman ini dikelompokkan di Recent Forms. Klik, dan akan tampil form lengkap beserta response.

Jika form tersebut kamu buka, maka akan tampil tab Response (jika sudah ada respondent yang mengisi data).

Langkah 2. Lihat report respondent.

Pada halaman ini, kamu akan melihat laporan yang bisa kamu lihat secara Summary atau individual. Apa bedanya? Berikut kami jelaskan tiap icon tersebut.

  • Summary. Artinya melihat keseluruhan dari respon, yang bisa ditampilkan dalam grafik maupun diagram. Grafik tersebut dibuat berdasarkan perbandingan tiap jawaban respondend. Untuk piihan jawaban checkbox, akan membuat report berupa pie chart. Untuk pilihan jawaban checkbox, akan membuat report berupa barchart, dan seterusnya.
  • Individual. Artinya melihat satu persatu respon dari respondent.
  • Icon 3. Menu untuk menghubungkan dengan SpreadSheet berdasarkan respondent yang sudah submit.
  • Icon 4. Sebagai filter untuk menampilkan response yang tidak diterima, atau sebaliknya.
  • Icon 5. Sebagai tempat report jawaban dari respondent.

Nah, langkah untuk melihat hasil google form sudah kami jelaskan lengkap. Sekarang, langkah selanjutnya adalah mencetak hasil tersebut untuk bisa dibaca secara offilne. Caranya adalah :

Langkah 1. Klik pada icon SpreadSheet.
Google sudah menyiapkan fitur SpreadSheet yang bisa digunakan untuk membuka halaman berupa file excel dan bisa diakses secara online. Hasilnya akan otomatis dibuatkan dalam format excel.

Langkah 2. Rapihkan report yang sudah dibuat.

Jika kamu membuka dokumen tersebut, secara default akan berupa file excel. Kamu hanya perlu merapihkan kolom untuk membuat tampilan lebih rapi dan enak dipandang.

Langkah 3. Mencetak hasil google form

Setelah kamu merapihkan kolom di file excel tersebut, kamu bisa mencetaknya dengan cara klik tombol Print. Setelah itu, kamu bisa membaca laporan tersebut baik secara online maupun offline.


Kesimpulan

Google Form adalah fitur Google yang sangat bermanfaat dan bisa diandalkan jika berurusan dengan data, respondent dan form isian. Kamu bisa menggunakan google form untuk mengatur formmu tanpa harus repot mengirim dan mengoleksinya secara manual.

Semoga bermanfaat.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *