Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Pengertian, Fungsi dan Perintah Google Assistant

2 min read

fungsi google assistant

Artikel ini menjelaskan tentang pengert google assistant, fungsi google assistant, perintah google assistant, cara menggunakan google assistant.

Kamu tentunya tidak pernah yakin bila sebuah perangkat keras mampu menjalankan perintah yang kamu ucapkan. Apalagi perangkat keras yang dimaksud adalah handphone, speaker, mobil, kulkas, bahkan sebuah lampu.

Berkomunikasi via suara ke perangkat keras sepertinya bukan hal yang mustahil bila kamu sudah mengenal fitur Google Assistant. Tentunya pengguna Android sudah bisa menggunakan fitur ini tanpa ribet dan tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Jika kamu mengenal Siri di Apple, maka sama halnya dengan Google Assistant di Android. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Android minimal versi 5.0 atau Lollipop.

Fitur yang sudah diluncurkan sejak tahun 2016 ini mungkin belum banyak yang mengenal, oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas lebih mendetail lengkap dengan cara dan perintah apa saja yang mampu dilakukan.


Apa Itu Google Assistant

Google Assistant adalah virtual assistant dengan kemampuan Artifical Intelegence yang dikembangkan oleh Google untuk mampu saling berkomunikasi antara pengguna dengan perangkat melalui suara.

Google Assistant adalah versi terbaru dari Google Now. Bedanya, bila Google Assistant dapat berkomunikasi dua arah.

Fitur ini diluncurkan pada tahun 2016 hingga perkembangannya sampai sekarang yang lebih dinamis dan paling cerdas yang bisa digunakan. Jika pada awal peluncurannya Google Assistant hanya mampu tersedia di perangkat smartphone dan smart home, 3 tahun setelah itu, Google telah mengembangkan Assistant lebih jauh dan meluas.


Perangkat Google Assistant

Melalui kerjasama antara Google dengan beberapa perusahaan ternama untuk memberikan fitur Voice Assistant, berikut adalah perangkat yang bisa memanfaatkan Google Assistant :

  • Smartphone (Android / iOs)
  • Speaker
  • Mobil
  • TV
  • Laptop
  • Jam Tangan
  • HeadPhone
  • Kulkas
  • Lampu Pintar

Fungsi Google Assistant

Jika kamu sering melakukan perintah melalui pesan teks, sekarang saatnya kamu memanfaatkan fitur Google Assistant menggunakan suara. Google Assistant mampu diaktifkan dimanapun dan kapanpun.

NOTE!
Untuk mengaktifkan Google Assistant, cukup tekan pada tombol Home selama beberapa detik lebih lama, sampai muncul jendela baru Google Assistant. Setelah itu, mulailah berbicara.

Tugas dan fungsi yang bisa dilakukan Google Assistan di Android smartphone adalah :

  1. Set Alarms (Mengatur Alarm)

    Fungsi Google Assistant adalah mengatur alarm sesuai jam yang disebutkan, menghitung mundur, atau set daily alarm.
    Contoh penggunaan Google Assistant untuk set alarm :
    “Set an alarm for 9am”

  2. Chat dengan Google Assistant

    Fungsi Google Assistant yang mampu berkomunikasi 2 arah adalah fitur chat melalui suara. Mulai berbicara dan Google Assistant akan menjawab atau mulai menjalankan perintahmu.
    Misalkan :
    “Play sleepytime sounds”
    “Can you dance?”
    “Where do you like to travel?”

  3. Membuka Aplikasi atau Website

    Fungsi Google Assistant yang sangat memudahkan pengguna adalah mampu menjalankan perintah yang kamu ucapkan. Bisa untuk membuka aplikasi yang terinstal di smartphonemu atau membuka website secara otomatis.
    Contoh perintah suara :
    Open website idtbb.com
    Open Twitter
    Open Youtube

  4. Memulai Video Call dengan Suara

    Kamu bisa memulai video call atau membuat panggilan suara tanpa harus mengetik nama kontaknya. Cukup berbicara dan beritahu siapa tujuan yang ingin kamu telepon. Fungsi Google Assistant yang satu ini cukup memudahkanmu, bukan?
    Contoh suara :
    Call Mama

  5. Mengetahui Cuaca

    Kamu bisa bertanya pada Google Assistant untuk cuaca hari ini. Tidak hanya bisa menjawab cuaca dari kota mu saja, tetapi dari kota mana saja di seluruh dunia.
    Contoh suara :
    “What’s the weather in Malang?”

  6. Mencari Lokasi Terdekat

    Kamu bisa menemukan lokasi seperti pasar, perpustakaan, pengisian bensin, dan lainnya.
    Contoh suara :
    Where is the closest market?”

  7. Membuka Google Maps

    Kamu bisa menemukan rute untuk sampai ke lokasi tertentu tanpa harus membuka aplikasi Google Maps.
    Contoh suara :
    “Take me home”

Masih banyak lagi perintah yang bisa dijalankan Google Assistant di perangkat smartphone. Selain smartphone, Google Assistant juga bisa dijalankan di lampu pintar, speaker, dan lainnya.

Lanjutan

Selanjutnya, untuk cara mengaktifkan Google Assistant dan mengganti ke bahasa Indonesia akan dijelaskan pada artikel berikut.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *