Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Panduan Backup Data Android Tanpa Aplikasi

2 min read

backup data android

Artikel ini memberikan panduan cara backup data Android menggunakan fitur Google Backup. Lakukan backup data sebelum terlambat!

Fungsi Smartphone sekarang ini tidak hanya untuk telepon, mengirim SMS, merekam suara saja. Perangkat yang hampir setiap hari kita bawa ini meskipun kecil tapi mampu diandalkan untuk mengerjakan aktifitas tertentu.

Memotret layaknya professional, mengetik, mengirim email, video call, menginstal aplikasi yang biasanya kita pakai di komputerpun bisa. Bahkan beberapa smartphone keluaran terbaru menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Karena kecanggihan dan kelebihan yang dimiliki oleh Smartphone, tidak heran jika banyak diantara kita yang bergantung pada perangkat tersebut setiap harinya.

Kita memakai smartphone untuk mengirim email, sudah pasti kita login dan menyimpan akun kita disitu. Setiap harinya kita menggunakan aplikasi chat untuk berkomunikasi, sudah banyak history perbincangan maupun file penting disitu.

File seperti foto, musik, video, game dan sekaligus aplikasi yang kita simpan di smartphone bisa saja seketika hilang karena faktor ketidaksengajaan. Misalnya saja hilang, ter reset, tidak sengaja terhapus atau kerusakan pada hardware.

Alternatif yang paling mudah dan aman untuk mengantisipasi kehilangan file tersebut adalah dengan cara melalukan back up data. Tidak hanya itu, dengan kamu melalukan back up data, berarti kamu sudah memiliki data salinan dari file Androidmu untuk sewaktu-waktu bisa dikembalikan dan digunakan kembali.

Bayangkan jika kamu kehilangan file gambar yang kamu simpan di HP mu selama bertahun-tahun sebelum kamu sempat back up data tersebut? Banyak orang kehilangan file mereka karena terlambat mengetahui pentingnya melakukan back up untuk menyimpan data mereka.

Kapan waktu yang tepat untuk melalukan back up data android? Sebenarnya, back up data secara rutin sangat dianjurkan untuk mengoleksi data maupun file yang pernah atau sedang kamu gunakan.


Cara Backup Data Aplikasi Android

Untuk beberapa smartphone Android, fitur untuk back up data sudah disediakan tanpa harus menginstal aplikasi tertentu. Fitur tersebut bisa kamu temukan salah satunya dengan Google Drive.

Cara Backup Data Android ke Google Drive

Google menawarkan fitur untuk backup dan restore data dari smartphone Android menggunakan akun Google. Sebelum menggunakannya, pastikan kamu menggunakan email gmail yang sedang aktif. Fitur ini dinamakan dengan Google Backup.

Apa saja yang bisa di backup dengan Google Backup ?

  • Panggilan telepon dan history SMS.
  • Contacts, alamat email dan business card yang tersimpan di smartphone.
  • Kalender beserta event dan task yang pernah dicatat.
  • Pengaturan / Setting. Meliputi Settingan WiFi, Bluetooth, ringtone dan lainnya.
  • Aplikasi yang pernah kamu instal beserta pengaturannya.
  • Dokumen meliputi DOC, PDF, TXT, dan file HTML.
  • Rekaman Suara.
  • MP3, M4A, 3GA, OGG dan WAV.

Untuk menggunakan Google Backup :

Untuk masing-masing smartphone Android mungkin langkah-langkah berikut akan berbeda. Kami menggunakan smartphone Samsung J5 Pro Android versi Oreo.

  1. Buka Pengaturan / Setting.
  2. Cloud & Accounts.
  3. Pilih Backup & Restore.
  4. Pilih Google Account.

Aktifkan fitur backup data dengan menggaktifkan toggle pada Back up my data. Dan pastikan kamu mengisikan alamat email yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file backup. Email yang harus digunakan adalah email gmail yang masih aktif.

Lalu, klik pada menu Back up Now. Pada halaman tersebut juga ditampilkan history kapan terakhir data tersebut di back up.


Samsung Account

Bagi pengguna Samsung, back up data menggunakan Samsung Account bisa kamu aktifkan menggunakan shortcut berikut :

Ketikkan pada search bar backup and restore maka akan masuk pada pilihan berikut :

Hampir seperti back up dengan Google Account, bedanya email dan media penyimpanannya menggunakan Samsung Cloud.

Kapan Auto Backup atas dijalankan?

Aplikasi yang terinstal di smartphonemu akan otomatis di backup selama sehari sekali, jika :

  1. Smartphonemu sedang charging (mengisi daya).
  2. Smartphonemu terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi.
  3. Tidak sedang digunakan (screen off) selama kurang lebih 1 jam.

Kesimpulan

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan backup? Jawabannya tentu sesering mungkin. Apalagi sekarang sudah ada fitur Auto Backup, yang akan melakukan perintah back up secara otomatis. Untuk keamanan dan cadangan datamu, aktifkan sekarang!

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *