Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Tutorial Backup Chat WhatsApp Dengan Google Drive

2 min read

Artikel ini memberikan tutorial untuk backup chat whatsapp lengkap dengan cara restorenya.

WhatsApp sebagai aplikasi chat yang ringan, mudah digunakan dan tanpa iklan menjadikannya sebagai salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang dari seluruh dunia.

Aplikasi whatsapp juga bisa diinstal di semua smartphone lintas platform. Kamu bisa mengirim pesan teks, gambar, video, dokumen, maps, melakukan panggilan suara hingga panggilan video.

Terkadang kamu juga menggunakan whatsapp untuk mengirimkan pesan-pesan penting. Selama aplikasi whatsapp masih terinstal di HP kamu, tentunya history chat tersebut masih tersimpan.

Tapi, bagaimana apabila suatu saat aplikasi whatsapp kamu tidak sengaja ter uninstal atau bahkan HP kamu hilang ? Atau jika sewaktu-waktu kamu ingin ganti HP, entah itu menggunakan Android atau iOS?

Bagaimana agar kamu bisa tetap mengakses whatsapp kamu dan tetap bisa menyimpan history chat terdahulu? Tenang, sekarang ini ada fitur untuk backup chat whatsapp lengkap dengan fitur restore untuk menampilkannya kembali.

Tidak hanya backup chat saja, melainkan backup gambar maupun video. Bagaimana cara melakukannya? Pada artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap backup dan restore chat whatsapp.


Persyaratan Sebelum Backup

Perlu diingat bahwa sebelum mengaktifkan atau melakukan backup, yang kamu perlukan adalah :

  1. Mempunyai koneksi internet baik berupa mobile data atau WiFi.
  2. Mempunyai cukup storage untuk backup.
  3. Mempunyai akun google yang masih aktif dan terinstal di HP kamu.
  4. Mempunyai aplikasi Google Play Service. Layanan ini tersedia di Android versi 2.3.4 ke atas.

Cara Backup Chat WhatsApp

Pastikan kamu menginstal whatsapp dengan versi terbaru untuk mendapatkan fitur backup chat whatsapp. TIdak harus melakukan backup secara manual, kamu bisa melakukannya secara otomatis.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke Setting.
  2. Pilih Chats.
  3. Pilih Chat backup.

Jika sebelumnya kamu belum mengaktifkan akun gmail, maka kamu bisa klik pada Add Account dan masukkan alamat gmail yang kamu gunakan untuk menyimpan backup kamu.

Kamu juga bisa mengganti pengaturan waktu backup chat whatsapp di Google Drive.

Pada pilihan backup in Google Drive, kamu bisa merubahnya sesuai keinginan kamu :

Untuk mengaktifkan fitur Backup, maka sangat tidak disarankan untuk memilih Never. Sebaliknya, kamu bisa memilih waktu berikut :

  • Only when I tap “Back Up”, untuk manual backup.
  • Daily, untuk backup saat persyaratan terpenuhi dan dilakukan setiap hari secara otomatis.
  • Weekly, untuk backup otomatis setiap satu minggu sekali.
  • Monthly, untuk backup otomatis setiap satu tahun sekali.

Kami sangat menyarankan untuk melakukan backup chat whatsapp secara Daily, untuk menghindari kehilangan data selama kamu menggunakan whatsapp.

Atau, jika ingin melakukan backup setiap saat kamu membuka whatsapp, kamu dapat dengan mudah mengeklik tombol Back Up.

Selama proses backup, tidak dapat ditunda. Namun lama waktu proses backup chat whatsapp akan tergantung pada banyaknya ukuran dan cepat atau lambatnya koneksi internet.


Cara Restore Chat WhatsApp

Yang diperhatikan sebelum melakukan restore chat whatsapp adalah, pastikan kamu menggunakan nomor dan email google drive yang sama saat ketika kamu melakukan backup.

Restore chat whatsapp bisa kamu lakukan saat kamu ingin mengembalikan data atau history whatsapp di aplikasi whatsapp yang baru.

Cara restore chat whatsapp adalah :

  1. Saat pertama kali menginstall whatsapp, kamu akan diminta untuk verify nomor HP dan pilihan untuk restore chats dan media dari Google Drive. Pada pilihan itu, klik Restore.
  2. Tunggu hingga proses selesai.
  3. Jika sudah, maka chats dan media akan segera tampil di aplikasi WhatsApp kamu.

Whatsapp melakukan backup di Local storage dan Google Drive. Jika kamu masih reinstal whatsapp di HP yang sama dan tidak melakukan backup di Google Drive, maka restore akan diambil dari local storage.


Kesimpulan

Berikut adalah tutorial untuk backup chat whatsapp. Backup sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin, seperti Daily. Untuk menghindari kehilangan data atau pesan penting. Dan yang terpenting sebelum melakukan backup, pastikan HP kamu terhubung dengan internet.

Agnestia Penulis setiap artikel di IDTBB dengan rujukan yang valid dan tidak asal tulis. Mengumpulkan dan memberikan informasi agar website ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *